Minggu, 12 Agustus 2012

elektronika



Peralatan Elektronik seperti TV, Radio, Handphone dan Komputer merupakan hasil rakitan dari berbagai macam komponen elektronik. Siapa saja yang bekerja di Perusahaan Produksi Perakitan Elektronik, apapun jabatan dan departemen harus mengetahui dan mengenal komponen-komponen Elektronik, minimal bentuk komponen dan nama-nama sebutannya. Hal ini diperlukan supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti salah pemasangan komponen, salah pengiriman ataupun salah perencanaan. Pengenalan Komponen-komponen Elektronik merupakan pengetahuan dasar yang harus dikuasai oleh semua karyawan yang bekerja di perusahaan produksi perakitan Elektronik.

Berdasarkan Fungsinya, komponen-komponen elektronik dapat dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu Komponen Elektronik Aktif dan Komponen Elektronik Pasif. Komponen Aktif adalah komponen yang hanya dapat berfungsi jika memiliki arus eksternal dan biasanya disebut dengan semikonduktor sedangkan Komponen Pasif adalah komponen yang tidak memerlukan arus eksternal. Komponen Elektronik Aktif sangat peka terhadap Elektro Statik, maka harus penanganan khusus untuk menghindari Elektro Statik yang dinamakan dengan ESD (ElektroStatic Discharge) Control.

Umumnya, komponen-komponen elektronik di produksi perakitan elektronik terbagi menjadi 3 kategori berdasarkan cara pemasangan, yaitu pemasangan secara mesin SMT, mesin Through Hole (Auto Insert atau AIM) dan Manual Insert. Tentunya komponen-komponen elektronik yang dipasang oleh mesin SMT maupun Through Hole Mesin (AIM) dapat dipasang secara manual juga.

1 komentar: